Instalasi Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS

 


Sebelum melakukan instalasi Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS, maka pastikan anda sudah mendownload file ISO. Apakah kita perlu membuat media instalasi ?, jawabanya tentu “tidak”. Aplikasi Oracle VM VirtualBox dapat membaca file ISO dan langsung dapat digunakan untuk melakukan instalasi layaknya sebuah komputer yang anda instal menggunakan media instalasi. 

Sebelum melakukan instalasi Admin perlu menjelaskan sebuah tahapan yang paling utama dari seluruh tahapan instalasi yang nantinya akan kita lakukan. Coba perhatikan Gambar 27 diatas ini.

Perhatikan kolom Pick a username dan Choose a password, kedua opsi ini harus benar – benar anda ingat. Jikalau sampai anda lupa salah satunya, maka pengguna harus melakukan instalasi ulang linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS yang sudah selesai dilakukan instalasi. Selain digunakan untuk login kedalam sistem linux ubuntu server 20.04.2 LTS, password yang anda ketikkan juga digunakan untuk melakukan kegiatan administrator atau biasanya pada linux disebut dengan user root

Password yang anda ketikkan akan disandikan dengan simbol bintang ( * ), dan apa yang anda ketikkan tidak akan ditampilkan. Selain itu username dan password pada linux bersifat case sensitive, artinya penggunaan huruf besar dan huruf kecil akan dibedakan. Misalnya karakter “Budi” tidak akan sama dengan “budi” atau “BuDi”, dan masih banyak yang lainnya. Saran admin gunakanlah kata sandi yang mudah sekali anda ingat, namun sulit ditebak oleh orang lain. 

Untuk melakukan instalasi linux ubuntu server 20.04.2 LTS silahakn anda ikuti tahapan – tahapan dibawah ini. 

Tahapan Ke - 1, Jalankan aplikasi Oracle VM Virtualbox yang sudah anda instal pada komputer. Selanjutnya pada jendela Oracle VM VirtualBox Manager pilih nama vm  yang sudah anda buat sebelumnya. Pilih menu Start untuk menjalankan VM yang sudah anda buat. 



Tahapan Ke - 2, Dikarenakan ini adalah pertama kalinya anda menjalankan VM ini, dan didalam virtual hard disk yang kita siapkan belum memiliki sistem operasi, maka kita diminta untuk melakukan instalasi. Silahkan pilih menu Browse untuk mencari file ISO dari linux ubuntu server 20.04.2 LTS. 



Tahapan Ke - 3, Secara otomatis aplikasi akan memunculkan jendela Optical Disk Selector. Jika sebelumnya anda pernah melakukan instalasi linux ubuntu server 20.04.2 LTS, maka file ISO dari sistem operasi tersebut akan muncul disini. Namun, karena ini adalah pertama kalinya kita akan menambahkan file ISO dari linux ubuntu server 20.04.2 LTS dengan menekan menu Add



Tahapan Ke - 4,  Silahkan cari, dimana anda menyimpan file ISO dari Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS. Silahkan pilih file tersebut dan tekan menu Open untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 5, Selanjutnya pada tahapan ini, anda akan dibawa kembali kedalam jendela Optical Disk Selector. Pastikan bahwa file ISO yang anda tambahkan sudah terdeteksi, pilih menu Choose untuk menggunakan file ISO tersebut untuk melakukan instalasi. 



Tahapan Ke - 6, Pengguna akan dibawa kembali kedalam jendela Select start-up disk, disini pastikan bahwa file ISO yang anda pilih juga sudah terdeteksi. Silahkan anda pilih menu Start untuk melakukan instalasi. 



Tahapan Ke - 7, VM Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS akan melakukan booting ke file ISO yang anda masukkan. Jika file ISO tersebut terbaca dan tidak ada masalah, maka anda akan diarahkan kedalam menu instalasi linux ubuntu server 20.04.2 LTS. Tahapan instalasi yang pertama kali adalah menentukan bahasa yang akan digunakan ketika instalasi dan sekaligus akan digunakan sebagai bahasa default ketika proses instalasi selesai dilakukan. Pilih bahasa yang anda inginakan (Sebagai contoh disini admin menggunakan Bahasa Inggris), dan tekan tombol Enter untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 8, Selanjutnya pada tahapan ini anda diminta untuk menentukan Layout dan Variant  dari Keyboard yang anda gunakan. Jika anda tinggal di Negara Indonesia maka silahkan pada menu Layout dan Varian anda pilih opsi English (US). Namun, jika anda tinggal di Negara selain Indonesia silahkan sesuaikan dengan lokasi anda. Akan tetapi, jika anda ragu ataupun tidak mengetahui pilih menu Identify keyboard agar sistem mendeteksi secara otomatis keyboard yang sedang anda gunakan. Jika seluruh konfigurasi selesai dilakukan pilih menu Done (gunakan tombol tab pada keyboard untuk berpindah) dan tekan tombol Enter untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 9, Pada tahapan ini, sistem linux ubuntu server 20.04.2 LTS akan melakukan scaning dan meminta IP Address agar dapat terhubung ke jaringan yang anda miliki. Pastikan didalam jaringan anda terdapat service DHCP Server yang sudah berjalan. Biasanya perangkat modem yang anda dapatkan melalui ISP sudah memiliki service tersebut secara aktif. Jika anda perhatikan linux ubuntu server 20.04.2 LTS akan memiliki IP Address secara otomatis. Untuk melanjutkan silahkan pilih menu Done dan tekan tombol Enter



Tahapan Ke - 10, Sistem sekali lagi bertanya kepada anda, apakah didalam jaringan yang anda gunakan terdapat alamat proxy server. Jika ada, silahkan isikan alamat proxy server pada kolom Proxy address, namun jika didalam jaringan anda tidak memiliki proxy server biarkan kolom tersebut tetap kosong. Pilih menu Done dan tekan tombol Enter untuk melanjutkan proses instalasi. 



Tahapan Ke - 11, Tahapan ini, pengguna diminta untuk menentukan alamat mirror yang ingin digunakan. Mirror sendiri adalah sebuah server yang berisi paket aplikasi pendukung, update, dll dari sebuah distro linux. Setiap distro linux memiliki alamat server mirrornya sendiri – sendiri. Tujuan adanya server mirror ini tentunya adalah untuk mempercepat proses download sebuah paket yang kita butuhkan untuk distro linux yang kita gunakan. Secara default bagian ini sudah berisi alamat mirror dari linux ubuntu server. Biarkan saja alamat mirror tersebut, dan pilih menu Done untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. 



Tahapan Ke - 12, Tahapan selanjutnya adalah tahapan pemartisian sebuah disk. Dikarenakan pada tahapan kali ini, kita menggunakan aplikasi virtualisasi maka kita tidak perlu takut kehilangan data. Secara default opsi “Set up this disk as an LVM group” akan diberikan tanda silang (x) yang artinya kita pilih. Pada materi kali ini silahkan hilangkan opsi tersebut. Jadi kita akan melakukan pemartisian disk biasa tidak menggunakan mode LVM. Untuk menghilangkannya silahkan gunakan tombol panah pada keyboard, tepatkan pada opsi “Set up this disk as an LVM group” dan tekan tombol spasi pada keyboard. Setelah terhapus maka silahkan pilih menu Done untuk melanjutkan. 




Tahapan Ke - 13, Dikarenakan kita memilih “Use an entire disk” pada tahapan sebelumnya, maka kita akan dibuatkan sebuah partisi secara otomatis oleh sistem. Oleh karena itu pada tahapan ini sistem memberikan tampilan informasi pemartisian yang sudah dibuat secara otomatis. Jika pengguna menyetujui maka silahkan pilih menu Done untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. 



Tahapan Ke - 14, Sistem akan memberikan konfirmasi kepada pengguna bahwa, ketika pengguna memilih opsi Continue maka tidak akan dapat kembali ke tampilan sebelumnya, seluruh disk data di dalam data yang anda pilih akan dilakukan penghapusan serta pemformatan, dan proses instalasi akan dilanjutkan. Jika anda sudah yakin silahkan tekan menu Continue untuk melanjutkan proses instalasi. 



Tahapan Ke - 15, Pada tahapan ini, sistem meminta pengguna untuk mengisikan beberapa data yang diperlukan. Silahkan anda isikan sesuai dengan siapa yang akan menggunakan linux ubuntu server ini. Jika sudah anda isikan, silahkan pilih menu Done untuk melanjutkan proses instalasi. 



Tahapan Ke - 16, Sistem kembali mengkonfirmasi kepada anda, apakah akan melakukan instalasi paket OpenSSH Server ?, paket ini berfungsi untuk melakukan remote kedalam server melalui jaringan. Untuk saat ini admin akan melakukan instalasi paket tersebut. Silahkan gunakan tombol Spasi pada keyboard untuk memberikan tanda, dan tekan menu Done untuk melanjutkan proses instalasi. 



Tahapan Ke - 17, Sistem juga menawarkan kembali beberapa aplikasi yang dapat anda pilih untuk dilakukan instalasi bersamaan dengan Instalasi linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS. Admin menyarankan untuk tidak memilih opsi apapun karena kita dapat melakukan instalasi paket setelah proses instalasi selesai dilakukan. Silahkan langsung saja anda menekan menu Done untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 18, Sampai dengan tahapan ini, sistem akan melakukan instalasi sesuai dengan yang anda instruksikan mulai dari tahapan pertama sampai dengan tahapan ke tujuh belas. Tahapan ini akan berjalan secara otomatis. 



Tahapan Ke - 19, Setelah proses instalasi selesai dilakukan, sistem secara otomatis melakukan update, sesuai dengan alamat mirror yang sudah anda berikan. Silahkan anda tunggu saja, tahapan ini sampai selesai dilakukan. Pastikan saja, internet anda sedang tidak terdapat sebuah permasalahan. 



Tahapan Ke - 20, Setelah proses instalasi dan update selesai dilakukan, maka sistem akan memberikan konfirmasi. Silahkan pilih menu Reboot Now untuk merestart sistem linux ubuntu server 20.04.2 LTS. 



Tahapan Ke - 21, Sebelum sistem linux ubuntu server 20.04.2 LTS melakukan reboot, sistem akan meminta anda untuk melepaskan media instalasi yang kita gunakan. Karena pada kasus ini kita menggunakan media instalasi berupa file ISO, maka secara otomatis aplikasi Oraacle VM Virtualbox akan melepaskan media instalasi tersebut. Pengguna hanya tinggal menekan saja tombol Enter untuk melanjutkan proses reboot. 



Tahapan Ke - 22, Setelah proses reboot selesai dilakukan, maka anda akan diminta untuk memasukkan username dan password, dari linux ubuntu server yang anda miliki. Silahkan masukkan username anda dan kata sandi anda, ketika mengetikkan kata sandi karakter tidak akan muncul. Jadi ketikkan saja jika anda sudah yakin silahkan tekan tombol Enter



Tahapan Ke - 23,  Jika kombinasi username dan kata sandi yang anda masukkan benar maka anda akan dibawa masuk kedalam linux ubuntu server 20.04.2 LTS. 



Sampai dengan tahapan diatas, linux ubuntu server 20.04.2 LTS sudah selesai anda lakukan instalasi dan sudah dapat dilakukan instalasi paket server. Jika anda tidak dapat masuk kedalam sistem linux ubuntu server 20.04.2 LTS dengan alasan lupa username ataupun password maka silahkan anda ikuti tahapan kembali dari awal.


>> Download File ISO Ubuntu Server 20.04.2 LTS

Posting Komentar

0 Komentar