Konfigurasi Virtual Network VM Ubuntu Server 20.04.2 LTS

 


Sebuah VM yang kita buat menggunakan Oracle VM VirtualBox secara otomatis sudah dilengkapi dengan network adapter layaknya sebuah komputer pada umumnya. Secara default konfigurasi dari Virtual Network yang dibuat oleh VM adalah NAT. Apakah konfigurasi tersebut sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan ?, simak penjelasannya dibawah ini. 

Oracle VM VirtualBox secara default memberikan empat buah Virtual Network Adapter, dimana satu virtual adapter aktif dengan konfigurasi NAT dan tiga virtual adapter tidak aktif pada setiap VM yang dibuat. Masing – masing virtual network adapter dapat anda konfigurasi sendiri – sendiri sesuai dengan kebutuhan. 

Terdapat beberapa opsi konfigurasi virtual adapter yang dapat anda pilih, antara lain yaitu nat,bridge adapter, Internal Network, Host-Only adapter, dan masih banyak yang lainnya. Namun dari keseluruhan konfigurasi tersebut hanya empat konfigurasi diataslah yang sering digunakan.

  • Konfigurasi virtual adapter (NAT): jika anda memilih konfigurasi ini, maka OS Guest yang ada di dalam VM akan dapat terkoneksi kedalam jaringan Internet secara otomatis (tanpa harus dilakukan konfigurasi) dengan IP Address yang diberikan secara otomatis pula oleh aplikasi Oracle VM Virtualbox. Namun, dengan konfigurasi ini pengguna tidak akan dapat saling berkomunikasi antara OS Guest dengan OS Host ataupun sebaliknya. Bahkan antar VM atau antar OS Guest dengan konfigurasi yang sama (NAT) juga tidak akan dapat berkomunikasi. 
  • Konfigurasi virtual adapter (bridge adapter): jika anda memilih konfigurasi ini, maka OS Guest yang ada di dalam VM dapat terhubung dengan jaringan fisik yang sama dengan OS Host melalui network adapter yang anda pilih pada OS Host. Hal ini dapat diasumsikan bahwa OS Guest dan OS Host saling terhubung melalui perangkat Switch. Untuk memilih opsi ini, pengguna perlu menentukan interface pada OS Host yang akan dijadikan jembatan (bridge) untuk menuju ke jaringan fisik yang anda gunakan. Dengan demikian resource yang anda miliki pada OS Host akan dishare dengan OS Guest. 
  • Konfigurasi virtual adapter (Internal Network): konfigurasi ini dapat anda pilih, jika ingin menghubungkan antar VM. Misalnya anda membuat dua buah VM dimana VM “A” bertindak sebagai sistem operasi server dan VM “B” bertindak sebagai client dari VM “A”. Maka dengan opsi ini, kedua VM akan terhubung, dan seluruh service yang sudah anda bangun pada VM “A” dapat digunakan oleh VM “B”. 
  • Konfigurasi virtual adapter (Host-Only): ketika proses instalasi Oracle VM VirtualBox anda diberikan warning bahwa aplikasi akan menginstal sebuah virtual adapter baru (perhatikan gambar 5) yang diberikan nama VirtualBox Host-Only Network. Secara otomatis jika OS Guest memiliki konfigurasi ini, akan mendapatkan IP Address secara otomatis, dan akan secara langsung terhubung dengan OS Host melalui virtual adapter yang sudah diciptakan oleh oracle VM VirtualBox. Namun, pada konfigurasi ini OS Guest tidak dapat berkomunikasi dengan jaringan fisik OS Host ataupun komputer lain yang terhubung ke jaringan OS Host.

Berdasarkan penjelasan diatas maka konfigurasi virtual adapter yang akan admin gunakan adalah bridge adapter. Alasannya dengan konfigurasi ini kita bisa terhubung ke seluruh komputer ataupun perangkat jaringan yang terhubung ke komputer Host. Artinya seluruh service yang nantinya akan dijalankan pada Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS dapat dinikmati oleh seluruh client yang terhubung (satu jaringan) dengan OS Host.

Untuk melakukan hal tersebut maka kita perlu mengkonfigurasi VM linux ubuntu server 20.04.2 LTS, seperti yang kita ketahu bersama secara default konfigurasi virtual network adapter yang diciptakan oleh VM adalah NAT. 

Sebelum mengkonfigurasi coba anda perhatikan gambar topologi dibawah ini: 


Pada topologi diatas, admin menggunakan ISP Biznet Home untuk terkoneksi ke jaringan Internet. Bagaimana jika kita tidak berlangganan internet dari ISP ?, pengguna tidak perlu risau karena keberadaan ISP Biznet Home yang admin gunakan dapat digantikan dengan perangkat Smartphone. Pastikan Smartphone yang anda miliki sudah memiliki paket data yang dapat terhubung ke jaringan Internet, kemudian lakukan tethering hotspot untuk berbagi koneksi dengan perangkat yang akan anda gunakan untuk belajar Linux Ubuntu server. 

Lakukan tahapan – tahapan dibawah ini untuk melakukan konfigurasi Virtual Network Adapter pada VM Linux Ubuntu Server 20.04 LTS yang sudah anda buat sebelumnya.

Tahapan Ke - 1, Periksa terlebih dahulu Device Name dari komputer host yang akan anda gunakan untuk terhubung kedalam jaringan Internet. Pada kasus ini, admin akan terhubung kedalam jaringan Internet melalui Wireless Adapter, maka admin akan mencari informasi device name dari Wireless adapter yang digunakan. Silahkan masuk kedalam menu Start >> ketikkan Control Panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center >> Change Adapter Settings


Tahapan Ke - 2, Jika device name yang akan digunakan sudah diketahui, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan konfigurasi VM Linux Ubuntu Server 20.04 LTS yang sudah kita buat sebelumnya. Jalankan aplikasi Oracle VM VirtualBox dan pilih VM yang akan dilakukan konfigurasi, selanjutnya pilih menu Settings untuk melakukan konfigurasi. 



Tahapan Ke - 3, Secara otomatis aplikasi akan memunculkan jendela VM disertai nama VM yang akan dilakukan konfigurasi. Disini anda dapat melakukan banyak sekali konfigurasi yang berkaitan dengan VM yang sudah kita buat. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas melakukan konfigurasi pada Virtual Network Adapter sehingga silahkan pilih menu Network. Pada Tab Adapter 1 pastikan cek box enable network adapter sudah diberikan tanda centang. Selanjutnya pada menu drop down Attached to silahkan pilih Bridge Adapter. Terakhir pada menu drop down name silahkan pilih Adapter dari OS Host yang akan digunakan sebagai jembatan untuk terhubung dengan jaringan fisik yang anda gunakan. Setelah seluruh konfigurasi selesai dilakukan maka tekan menu OK untuk menyimpan konfigurasi.



Tahapan Ke - 4, Setelah seluruh konfigurasi selesai dilakukan, pengguna akan dibawa kembali kedalam jendela Oracle VM VirtualBox Manager. Coba anda perhatikan pada opsi Network seharunsya sudah berganti sesuai dengan konfigurasi yang anda lakukan pada tahapan pertama sampai dengan tahapan ke tiga. 


Sampai dengan tahapan diatas maka pengguna sudah dapat menggunakan VM Linux Ubuntu Server 20.04 LTS yang dibuatnya. 

Tahapan persiapan awal dimulai dari Mendownload Oracle VM VirtualBox, kemudian melakukan Instalasi Oracle VM Virtualbox beserta dengan Ekstension Packnya, lalu Membuat VM untuk melakukan instalasi linux ubuntu dan terakhir adalah melakukan konfigurasi Virtual Network untuk Linux Ubuntu server 20.04 LTS. 

Seluruh tahapan tersebut harus anda lakukan, dan tidak boleh ditinggalkan satupun jika anda ingin mengikuti seluruh penjelasan dari buku ini. Seluruh materi yang ditulis oleh admin akan selalu berkesinambungan atau berkaitan antara satu materi dengan materi lainnya. Sampai disini pembahasan persiapan awal yang harus anda lakukan sebelum nantinya melakukan instalasi Linux Ubuntu Server 20.04 LTS. Satu hal penting yang admin ingatkan adalah, pilih konfigurasi virtual network yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan anda masing – masing.

Posting Komentar

0 Komentar