Mengubah Alamat Repository Ke Lokal Sesuai Lokasi

 


Repository adalah sebuah server yang berisikan pembaharuan, aplikasi OS, dan kumpulan paket aplikasi perangkat lunak yang dibutuhkan oleh client khususnya yang menggunakan aplikasi Linux. Kemudian pada pembahasan yang lalu admin juga menuliskan, bahwa mirror adalah sebuah server yang berisi paket aplikasi pendukung, update, dll dari sebuah distro linux. Kemudian apakah perbedaannya ?

Antara server repository dan server mirror sebenarnya memiliki definisi, dan fungsi yang sama. Bedanya hanya pada lokasi dimana server itu berada. Jika server repository biasanya berada di luar negeri atau dimana tempat sistem operasi linux itu dikembangkan, sedangkan server mirror adalah sebuah duplikat (mirror) dari server repository yang letaknya berada di banyak negara. Misalnya di Indonesia sendiri banyak sekali alamat server mirror yang dapat kita gunakan, seperti di http://kambing.ui.ac.id/ yang merupakan server mirror milik Universitas Indonesia, http://kebo.pens.ac.id/ yang merupakan milik Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, kartolo.sby.datautama.net.id yang merupakan milik dari PT Data Utama Dinamika yang berada di Surabaya, dan masih banyak server mirror yang lainnya. 

Hampir masing – masing Negara sudah memiliki server mirrornya sendiri – sendiri. Artinya, pengguna linux sudah tidak perlu terhubung secara langsung ke server repository yang ada di luar negeri jika ingin mengupdate atau mencari paket aplikasi yang diinginkan. Pengguna cukup menuliskan referensi alamat dari server mirror yang ingin dituju pada file sources.list yang ada pada sistem operasi linux. 

Tujuan dibangunnya server mirror ini adalah untuk kecepatan. Sehingga pengguna akan dapat mendownload paket yang diinginkan untuk sistem operasi linuxnya dengan cepat. Berikut adalah daftar alamat server mirror yang ada di Indonesia untuk linux ubuntu server atau linux ubuntu desktop 20.04.2 LTS.


Kambing UI (Jakarta)

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-updates main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-security main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-backports main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ focal-proposed main restricted universe multiverse


Kebo PENS (Surabaya)

deb http://kebo.pens.ac.id/ubuntu/ focal main restricted universe multiverse

deb http://kebo.pens.ac.id/ubuntu/ focal-updates main restricted universe multiverse

deb http://kebo.pens.ac.id/ubuntu/ focal-security main restricted universe multiverse

deb http://kebo.pens.ac.id/ubuntu/ focal-backports main restricted universe multiverse

deb http://kebo.pens.ac.id/ubuntu/ focal-proposed main restricted universe multiverse


ITB (Bandung)

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ focal main restricted universe multiverse

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ focal-updates main restricted universe multiverse

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ focal-security main restricted universe multiverse

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ focal-backports main restricted universe multiverse

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ focal-proposed main restricted universe multiverse


Kartolo PT. Data Utama Dinamika (Surabaya)

deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/ubuntu/ focal main restricted universe multiverse

deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/ubuntu/ focal-updates main restricted universe multiverse

deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/ubuntu/ focal-security main restricted universe multiverse

deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/ubuntu/ focal-backports main restricted universe multiverse

deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/ubuntu/ focal-proposed main restricted universe multiverse


Politeknik Negeri Banyuwangi

deb http://mirror.poliwangi.ac.id/ubuntu/ focal main restricted universe multiverse

deb http://mirror.poliwangi.ac.id/ubuntu/ focal-updates main restricted universe multiverse

deb http://mirror.poliwangi.ac.id/ubuntu/ focal-security main restricted universe multiverse

deb http://mirror.poliwangi.ac.id/ubuntu/ focal-backports main restricted universe multiverse

deb http://mirror.poliwangi.ac.id/ubuntu/ focal-proposed main restricted universe multiverse

Setiap distro linux atau bahkan setiap versi dari sebuah distro linux memiliki alamat repository atau mirror berbeda – beda. Jadi alamat diatas hanya dapat anda gunakan untuk linux ubuntu server ataupun desktop 20.04 LTS

Setiap alamat mirror memiliki banyak sekali alamat yang harus anda masukkan, jadi jangan sampai lupa satu alamatpun. Pilih alamat mirror yang dekat dengan lokasi anda saat ini. Untuk penjelasan mengenai detail masing – masing alamat akan dibahas pada pembahasan yang lain. 

Untuk melakukan penggantian alamat mirror pada linux ubuntu server 20.04.2 LTS silahkan anda ikuti tahapan – tahapan dibawah ini:

Tahapan Ke - 1, Silahkan jalankan VM Linux Ubuntu server 20.04.2 LTS yang anda miliki. Jika sudah masukkan kombinasi username dan password dari linux ubuntu server 20.04.2 LTS milik anda. Selanjutnya setelah login, silahkan masuk kedalam user root dengan menggunakan perintah sudo su <Enter>.


Tahapan Ke - 2, Kita lakukan backup terlebih dahulu file sources.list yang kita miliki. Gunakan perintah “mv /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.backup <Enter>” untuk membackup file sources.list dengan nama sources.list.backup. 




Tahapan Ke - 3, Buatlah sebuah file sources.list yang baru dengan menggunakan perintah “nano /etc/apt/sources.list <Enter>”. Dikarenakan pada tahapan sebelumnya kita menggunakan peritah mv (move) maka file ini tidak akan ada isinya. 


Silahkan anda pilih alamat server mirror yang akan digunakan. Pada kasus kali ini admin sangat dekat dengan kota Surabaya. Maka alamat mirror yang digunakan adalah milik PT. Data Utama Dinamika. 


Setelah anda melakukan konfigurasi ini, silahkan simpan dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl + X, Y, Enter pada keyboard secara bergantian. Maka secara otomatis konfigurasi anda akan disimpan. 

Sampai dengan tahapan ini, linux ubuntu server 20.04.2 LTS sudah memiliki referensi alamat server yang akan dituju ketika pengguna melakukan proses update ataupun upgrade.

Posting Komentar

0 Komentar