Pembuatan VM Untuk Instalasi Ubuntu Server 20.04.2 LTS

 


Sebelum melakukan instalasi Linux Ubuntu Server 20.04.2 diatas VM maka kita perlu mengetahui spesifikasi minimal yang diwajibkan untuk menjalankan Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS tersebut.

  • Processor : 1GHz atau lebih tinggi
  • RAM : 1GB atau lebih besar
  • Ruang Kosong Hard Disk : 2,5 GB atau lebih besar
  • Jaringan Internet Minimal 1 Mbps.

Berdasarkan spesifikasi minimal diatas, maka kita bisa membuat sebuah VM untuk menginstal Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS. Silahkan ikuti tahapan – tahapan dibawah ini, untuk membuat sebuah VM baru.

Tahapan Ke - 1, Jalankan aplikasi Oracle VM Virtualbox yang sudah terinstal pada komputer anda. Secara otomatis jendela Oracle VM VirtualBox Manager akan terbuka, pilih menu New untuk membuat sebuah VM baru. 



Tahapan Ke - 2, Dijendela Name and Operating System silahkan berikan identitas VM yang akan anda buat (tujuannya agar tidak tertukar dengan pengguna lain jika komputer yang anda gunakan, dipakai oleh banyak orang), selain tentukan pulan type dan version dari sistem operasi yang akan anda lakukan instalasi. Serta tentukan dimana anda menyimpan file VM ini nantinya. Jika sudah pilih menu Next untuk melanjutkan. 


Keterangan:

  • Name: Identitas VM yang anda buat, dapat anda isikan bebas sesuai dengan keinginan. Pada contoh kali ini admin memberikan identitas VM dengan Ubuntu Server 20.04 LTS.
  • Machine Folder: letak direktory atau folder tempat virtual hard disk dan segala konfigurasi VM anda disimpan. Secara default VM akan selalu disimpan pada Local Disk C:\Users\<nama_user_pengguna>\Virtualbox VMs.
  • Type: pilih sesuai dengan sistem operasi yang akan dilakukan instalasi diatas VM. 
  • Version: pilih sesuai dengan sistem operasi yang akan dilakukan instalasi diatas VM, sesuaikan pula dengan type sistem operasi yang anda pilih.


Tahapan Ke - 3, Pada jendela Memory Size silahkan alokasikan besar memory RAM yang akan digunakan oleh OS Guest. Sesuai dengan spesifikasi minimal untuk menjalankan Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS dibutuhkan memori RAM sebesar 1GB. Pengguna juga dapat mengalokasikan lebih dari 1GB sesuai dengan kebutuhan, namun ingat jangan mengalokasikan RAM melebihi batas warna merah. Jika sudah silahkan pilih menu Next untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 4, Pada jendela Hard Disk terdapat beberapa opsi yang dapat anda pilih. Namun, karena kita akan membuat VM baru dan melakukan instalasi baru, maka kita pilih opsi Create a virtual hard disk now. Selanjutnya untuk melanjutkan pilih menu Create



Tahapan Ke - 5, Selanjutnya pada jendela Hard Disk File Type silahkan pilih sesuai dengan yang anda inginkan. Opsi ini tidak akan mempengaruhi proses instalasi jadi, admin tidak akan membahasnya lebih dalam. 



Tahapan Ke - 6, Pada jendela Storage on physical hard disk silahkan pilih opsi Dynamically Alocated. Dengan memilih opsi ini anda akan menghemat ruang kosong pada hard disk yang anda miliki. Pilih menu Next untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 7, Selanjutnya silahkan tentukan dimana anda akan menyimpan file Virtual Hard Disk dari Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS. Setelah itu alokasikan berapa besar hard disk yang akan digunakan oleh OS Guest. Sesuai dengan spesifikasi minimal linux ubuntu server 20.04.2 LTS kita membutuhkan hard disk sebesar 2,5GB. Pada contoh kasus ini admin memberikan contoh 50GB. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan. Jika sudah pilih menu Create untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 8, Aplikasi Oracle VM VirtualBox secara otomatis akan membuatkan anda sebuah VM sesuai dengan instruksi yang anda berikan mulai dari tahapan pertama sampai dengan tahapan ketujuh. Jika proses pembuatan VM berhasil maka pengguna akan dibawa ke jendela Oracle VM VirtualBox Manager seperti pada gambar 21 dibawah ini. 



Sampai dengan tahapan delapan diatas, proses pembuatan VM sudah selesai dilakukan. Namun, kita perlu melakukan konfigurasi Virtual Network dari VM Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS agar sesuai dengan keinginan atau kebutuhan yang kita inginkan.


>> Mendownload Oracle VM VirtualBox.

>> Menginstal Aplikasi Oracle VM VirtualBox Pada Microsoft Windows.

Posting Komentar

0 Komentar