Tahapan Update Linux Ubuntu Server 20.04.2 LTS

 


Setelah kita berkenalan dengan konsep secara umum apa itu update dan upgrade pada penjelasan sebelumnya, serta kita sudah mengganti alamat mirror ke server lokal, maka tahapan selanjutnya adalah menerapkan proses update dan upgrade itu sendiri ke linux ubuntu server 20.04.2 LTS yang kita miliki.

Untuk melakukan update pada sistem operasi linux kita bisa menggunakan perintah “apt update”, setelah membaca materi diatas maka anda akan bertanya, apa yang diperbaharui dengan menggunakan perintah ini ?. 

Secara singkat, perintah apt update sebenarnya tidak menginstal perangkat lunak versi baru. Namun, perintah ini memperbaharui daftar paket yang ada untuk dapat ditingkatkan, dan juga untuk menambahkan daftar paket – paket yang baru saja masuk kedalam repositori. Dimana perintah ini juga harus selalu dilakukan sebelum melakukan perintah “apt upgrade”. 

Untuk melakukan proses update pada linux ubuntu server 20.04.2 LTS silahkan ikuti tahapan – tahapan dibawah ini.

Tahapan Ke - 1, Silahkan jalankan VM Linux Ubuntu server 20.04.2 LTS yang anda miliki. Jika sudah masukkan kombinasi username dan password dari linux ubuntu server 20.04.2 LTS milik anda. Selanjutnya setelah login, silahkan masuk kedalam user root dengan menggunakan perintah sudo su <Enter>.


Tahapan Ke - 2, Lakukan update dengan menggunakan perintah “apt update <Enter>”. Secara otomatis sistem akan melakukan update berdasarkan referensi alamat mirror yang sudah berikan. 


Tahapan ini membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika pastikan Linux Ubuntu server 20.04.2 LTS sudah terhubung dengan jaringan Internet dan koneksi anda stabil. Jika terdapat pesan kesahan yang muncul “W: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead”, bisa jadi koneksi Internet anda terputus ketika melakukan proses update. Silahkan ulangi proses update dan pastikan koneksi anda stabil.


Tahapan Ke - 3, Setelah sistem mendata paket apa saja yang perlu diperbaharui, secara otomatis sistem akan menginformasikan kepada pengguna. Berapa banyak paket yang harus dilakukan pembaharuan. 


Untuk mengetahui paket apa saja yang harus dilakukan pembaharuan, pengguna bisa mengetikkan perintah “apt list –upgradable <Enter>”.

Sampai disini tugas dari perintah apt update selesai dilakukan. Sistem sudah mengetahui paket – paket apa saja yang harus diperbaharui berdasarkan referensi alamat server mirror yang anda gunakan. Selanjutnya setelah ini kita akan masuk kedalam pembahasan, bagaimana melakukan pembaharuan paket – paket tersebut ?. 

Posting Komentar

0 Komentar