Tahapan Upgrade Linux Ubuntu Server 18.04.5 LTS

 


Setelah anda menjalankan proses pendataan aplikasi apa saja yang harus dilakukan pembaharuan dengan menggunakan perintah apt update, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pembaharuan paket yang harusnya diperbaharui. Didalam proses pembaruan paket ini, terdapat dua perintah yang dapat anda gunakan, yaitu apt upgrade dan apt dist-upgrade. Apakah perbedaannya atau kedua perintah itu sama saja ?, kita akan bahas dibawah ini.

  • apt upgrade, adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menginstal versi terbaru dari semua paket yang saat ini diinstal pada sistem. Dengan menggunakan perintah ini paket yang sudah ada didalam Linux Ubuntu Server 18.04.5 LTS akan diperbaharui berdasarkan referensi dari perintah apt update. Namun, perintah ini tidak dapat melakukan pembaharuan paket, jika paket tersebut tadinya tidak terdapat didalam sistem. 
  • apt dist-upgrade, adalah sebuah perintah yang akan melakukan pekerjaan sama persis dengan apt upgrade. Namun, dengan menggunakan perintah ini sistem akan melakukan penanganan dependensi yang lebih cerdas. Sehingga sistem mungkin akan menghapus paket yang sudah usang atau menambahkan paket yang lebih baru.

Manakah perintah yang lebih optimal dan bagus untuk dapat kita pilih ?. Masing – masing perintah memiliki kelebihannya sendiri – sendiri, bergantung dengan pada kondisi anda saat ini sedang membutuhkan perintah yang mana. Namun, pada kasus kali ini admin menyarankan anda untuk menggunakan perintah apt upgrade saja sudah lebih dari cukup. 


Untuk melakukan proses pembaharuan atau upgrade pada linux ubuntu server 18.04.5 LTS yang anda miliki, silahkan ikuti tahapan – tahapan dibawah ini:

Tahapan Ke - 1, Silahkan jalankan Linux Ubuntu server 18.04.5 LTS yang anda miliki. Jika sudah masukkan kombinasi username dan password dari linux ubuntu server 18.04.5 LTS milik anda. Selanjutnya setelah login, silahkan masuk kedalam user root dengan menggunakan perintah sudo su.


Tahapan Ke - 2, Sebelum menjalankan proses upgrade silahkan jalankan terlebih dahulu perintah update seperti yang sudah dijelaskan pada tahapan sebelumnya. Setelah proses update selesai dilakukan, silahkan jalankan perintah “apt upgrade”. Secara otomatis sistem akan meminta konfirmasi kepada pengguna, bahwa akan dilakukan download paket (paket yang akan di download akan ditampilkan) dan dilakukan instalasi secara otomatis. Jika pengguna menyetujui silahkan langsung menekan tombol Enter, sekaligus untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya.  




Tahapan Ke - 3, Setelah anda menyetujuinya maka sistem secara otomatis akan mendownload seluruh paket yang akan diupgrade. Silahkan tunggu proses ini sampai selesai dilakukan, lama atau tidaknya sesuai dengan kecepatan akses internet yang anda miliki. 



Tahapan Ke - 4, Setelah seluruh paket didownload, maka tahapan selanjutnya sistem akan melakukan instalasi paket yang berhasil di download. Tahapan ini juga berjalan secara otomatis, sehingga tunggu hingga tahapan selesai dilakukan. 



Tahapan Ke - 5, Jika proses upgrade selesai dilakukan, pastikan tidak ada pesan kesalahan yang muncul. 



Sampai dengan tahapan diatas, maka proses update dan upgrade selesai dilakukan. Silahkan lakukan update dan upgrade pada sistem operasi anda, sebelum melakukan instalasi paket apapun yang ada pada linux ubuntu server 18.04.5 LTS. Untuk mengetahui bahwa seluruh paket sudah terupdate ketika anda melakukan perintah apt update akan muncul pesan “All packages are up to date”.

Posting Komentar

0 Komentar