Bagaimana Menginstal PHP7 di Ubuntu 18.04

 


Setelah web server terbentuk, dan database ada maka website yang kita miliki sudah dapat tampil dan diakses oleh orang banyak. Namun, server yang kita miliki hanya dapat memproses website statis saja. Agar server yang kita miliki dapat memproses website dinamis maka kita perlu sebuah bahasa pemrograman PHP.


Persyaratan instalasi php pada Linux Ubuntu Server 18.04 LTS

Sebelum anda melakukan proses instalasi php, pengguna harus dapat masuk kedalam user root. Dikarenakan ini menggunakan sistem operasi Ubuntu Server maka anda dapat menggantikan dengan perintah sudo su atau sudo. Selain itu pastikan anda sudah melakukan instalasi web server dan database server agar website dinamis yang anda inginkan dapat berjalan dengan sempurna. 

  • Untuk melakukan instalasi web server apache2 (klik disini)
  • Untuk melakukan instalasi web server Nginx (proses)
  • Untuk melakukan instalasi database server menggunakan MySQL (klik disini)
  • Untuk melakukan instalasi database server menggunakan MariaDB (klik disini)

Jika pengguna belum melakukan instalasi web server dan database server, silahkan pilih salah satu paket yang ingin digunakan. Seluruh pembahasan sudah dilakukan oleh admin, sehingga tidak dapat admin ulang lagi di pembahasan kali ini. 


Tahapan instalasi php di Ubuntu server 18.04 LTS

Untuk melakukan instalasi php pada server linux ubuntu 18.04 LTS, silahkan ikuti tahapan – tahapan dibawah ini.

Tahapan Ke – 1, jalankan linux ubuntu server 18.04.5 LTS yang anda miliki. Selanjutnya login kedalam root dengan menggunakan perintah “sudo su” diikuti dengan mengetikkan kata sandi user yang anda gunakan. Kata sandi yang anda ketikkan tidak akan terlihat, jadi silahkan ketik dengan yakin dan tekan Enter untuk melanjutkan.


Tahapan Ke – 2,  silahkan jalankan perintah “apt update” dan kemudian “apt upgrade”, untuk melakukan pembaharuan seluruh paket yang ada pada linux ubuntu server 18.04.5 LTS sebelum melakukan instalasi paket php. Jika anda mendapatkan hasil “All packages are up to date” artinya seluruh paket dalam sistem ubuntu server 18.04.5 LTS sudah terbaru.



Tahapan Ke – 3, gunakan perintah “apt install php php-mysql” untuk melakukan instalasi paket php dilengkapi dengan ekstensi database untuk php (jika anda menggunakan database mariadb, juga tetap menggunakan perintah php-mysql). Selain kedua paket ini, sistem juga akan melakukan beberapa instalasi paket pendukung lainnya. Pengguna akan dikonfirmasi, apakah yakin akan melanjutkan proses instalasi ini ?. Silahkan tekan saja tombol Enter untuk melanjutkan instalasi dan sekaligus menyetujuinya. 



Tahapan Ke – 4, setelah anda menyetujui proses instalasi pada tahapan sebelumnya. Maka sistem akan melakukan proses download dan kemudian melakukan instalasi paket php dan beberapa paket pendukung lainnya. Silahkan tunggu tahapan ini sampai selesai dilakukan oleh sistem secara otomatis. 



Tahapan Ke – 5, setelah proses download dan instalasi selesai dilakukan secara otomatis maka pastikan tidak ada pesan kesalahan yang muncul disini. 



Tahapan Ke – 6, untuk melakukan pengujian apakah paket php sudah berjalan atau belum, kita akan melakukan pengujian melalui komputer client. Untuk itu maka anda harus membuat sebuah file dengan nama info.php yang diletakkan di direktory utama dari web server apache. Direktory default dari web server apache berada di /var/www/html/. Untuk membuat sebuah file info.php admin akan menggunakan bantuan teks editor nano. Maka perintah yang diguankan adalah “nano /var/www/html/info.php”. File ini belum ada sebelumnya sehingga tampilannya akan tampak kosong seperti pada Gambar dibawah ini. 



Tahapan Ke – 7, Silahkan buatlah sebuah rule sehingga tampak seperti pada Gambar dibawah ini. Jika sudah silahkan simpan file dengan menekan tombol kombinasi secara bergantian Ctrl + X, Y, Enter.



Tahapan Ke – 8, Setelah proses pembuatan file info.php selesai dilakukan, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pengujian. Gunakan komputer client yang terhubung ke komputer server. Dalam hal ini adalah komputer host, buka aplikasi web browser yang biasanya anda gunakan, dan pada kolom URL ketikkan http://IP_Address_server/info.php. Misal pada kasus ini IP Address server adalah 192.168.100.5 maka yang diketikkan pada kolom URL adalah 192.168.100.5/info.php. Jika benar maka akan mendapatkan tampilan seperti dibawah ini.



Sampai dengan tahapan diatas Linux Ubuntu Server 18.04 LTS yang anda miliki sudah dapat berfungsi sebagai web hosting. Namun, perlu anda ingat konten yang anda tempatkan pada Linux Ubuntu server 18.04 LTS hanya dapat diakses dari dalam jaringan atau dalam jaringan lokal saja. Alasannya karena anda tidak memiliki IP Address publik.

Posting Komentar

0 Komentar