Bagaimana Menginstal phpMyAdmin di Ubuntu Server 18.04

 


phpMyAdmin adalah sebuah software atau perangkat lunak bebas yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk melakukan administrasi database seperti MySQL atau MariaDB melalui antarmuka berbasis GUI. phpMyAdmin dapat anda gunakan untuk mengelola basis data seperti tabel, fields, relasi, pengguna, perijinan pengguna dan masih banyak yang lainnya. 

Secara default anda dapat melakukan kegiatan administrasi ini melalui Shell MySQL atau Mariadb pada terminal linux. Namun, anda harus memahami bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan proses administrasi pada basis data. Jika data yang anda kelola tidak banyak, maka tidak akan terdapat sebuah permasalahan apabila menggunakan Shell, namun jika data yang anda kelola cukup banyak maka anda akan merasakan cukup kesulitan jika menggunakan shell. Untuk itulah diciptakan sebuah paket aplikasi phpMyAdmin. 


Persyaratan Instalasi phpMyAdmin di Ubuntu 18.04 LTS

Seperti dijelaskan diatas, bahwa paket phpMyAdmin dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, selain itu phpMyAdmin juga diperuntukkan untuk melakukan management database maka terdapat beberapa hal yang harus anda siapkan. Antara lain adalah :

  • Sebelum anda melakukan proses instalasi php, pengguna harus dapat masuk kedalam user root. Dikarenakan ini menggunakan sistem operasi Ubuntu Server maka anda dapat menggantikan dengan perintah sudo su atau sudo.
  • Pastikan Server yang akan dilakukan instalasi phpMyAdmin sudah memiliki paket Web Server yang dapat berjalan dengan baik. Bagi yang belum memiliki paket web server, silahkan lakukan instalasi terlebih dahulu. Untuk tahapan instalasi paket web server Nginx (klik disini), untuk tahapan instalasi paket web server apache2 (klik disini). 
  • Pastikan Server yang akan dilakukan instalasi phpMyAdmin sudah memiliki paket database server didalamnya dan berjalan dengan baik. Bagi yang belum memiliki paket database server silahkan lakukan instalasi terlebih dahulu. Untuk tahapan instalasi paket MySQL Server (klik disini) dan untuk tahapan instalasi paket MariaDB Server (klik disini). 
  • Pastikan Server yang akan dilakukan instalasi phpMyAdmin sudah memiliki paket pemroses bahasa pemrograman PHP. Jika belum silahkan lakukan instalasi terlebih dahulu (klik disini).

Jika pengguna belum melakukan tahapan instalasi paket sesuai dengan yang ditentukan diatas, silahkan lakukan instalasi terlebih dahulu sesuai dengan paket yang anda ingin gunakan. Pembahasan tidak akan diulang pada pembahasan kali ini, karena memang sudah dibahas pada pembahasan yang lain. Klik link yang disediakan untuk menuju ke pembahasan yang diinginkan. 


Tahapan Instalasi phpMyAdmin di Ubuntu Server 18.04

Paket phpMyAdmin secara default terdapat pada server repository linux ubuntu server 18.04 LTS. Sehingga pengguna tidak perlu mendownload dari situs resmi paket phpMyAdmin.

Silahkan ikuti panduan dibawah ini, untuk melakukan proses instalasi phpMyAdmin pada linux ubuntu server 18.04.5 LTS

Tahapan Ke – 1,  jalankan linux ubuntu server 18.04.5 LTS yang anda miliki. Selanjutnya login kedalam root dengan menggunakan perintah “sudo su” diikuti dengan mengetikkan kata sandi user yang anda gunakan. Kata sandi yang anda ketikkan tidak akan terlihat, jadi silahkan ketik dengan yakin dan tekan Enter untuk melanjutkan.


Tahapan Ke – 2, silahkan jalankan perintah “apt update” dan kemudian “apt upgrade”, untuk melakukan pembaharuan seluruh paket yang ada pada linux ubuntu server 18.04.5 LTS sebelum melakukan instalasi paket phpMyAdmin. Jika anda mendapatkan hasil “All packages are up to date” artinya seluruh paket dalam sistem ubuntu server 18.04.5 LTS sudah terbaru.



Tahapan Ke – 3, gunakan perintah “apt install phpmyadmin” untuk melakukan instalasi paket phpMyAdmin dan beberapa paket pendukung lainnya. Sistem akan mengkonfirmasi kepada pengguna, apakah yakin akan melakukan instalasi paket phpMyAdmin dan beberapa paket pendukung lainnya ?. Untuk menyetujui sekaligus melanjutkan proses instalasi kita tekan saja tombol Enter



Tahapan Ke – 4, sebelum melakukan tahapan instalasi secara otomatis, paket instaler akan menanyakan pengguna web server apa yang sedang anda gunakan ?. Pada kasus ini, admin menggunakan web server apache2 sehingga admin memilih opsi apache2. Untuk memilih gunakan tombol spasi, untuk berpindah atas kebawah gunakan tombol panah, sedangkan untuk berpindah ke menu OK gunakan tombol tab pada keyboard. Jika anda sudah menentukan web server apa yang anda gunakan silahkan tekan menu OK. 


Secara otomatis sistem akan membuatkan anda sebuah file konfigurasi untuk web server yang anda pilih. Bagaimana jika anda menggunakan web server Nginx ?, karena pada list menu tidak ada maka biarkan saja kosong dan langsung anda menekan menu OK untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. 


Tahapan Ke – 5, secara otomatis, sistem akan melanjutkan proses instalasi paket phpMyadmin dan beberapa paket pendukung lainnya. Tunggu hingga tahapan ini selesai dilakukan. 



Tahapan Ke – 6, anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa sebelum dapat menggunakan paket phpMyAdmin, anda harus membuat sebuah database terlebih dahulu. Untuk itu silahkan saja tekan menu OK untuk mengkonfirmasi dan melanjutkan proses instalasi.



Tahapan Ke – 7, sistem akan mengkonfirmasi apakah anda akan mengkonfigurasi database untuk phpmyadmin dengan menggunakan dbconfig-common?. Untuk mempermudah pengguna, silahkan tekan menu yes untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. 



Tahapan Ke – 8, silahkan tentukan kata sandi yang kuat untuk pengguna phpmyadmin. Jika anda tidak mengisi form ini, maka secara otomatis sistem akan membuatkan kata sandi acak. Jika kata sandi sudah anda tentukan, silahkan tekan menu OK untuk mengkonfirmasi kata sandi. 


Selanjutnya, disini anda akan diminta untuk mengetikkan ulang kata sandi untuk pengguna phpmyadmin. Tujuan dari form ini adalah untuk melakukan pengecekan apakah kata sadi yang anda masukkan sama antara form pertama dan form kedua. Jika sama sistem akan melanjutkan proses instalasi, sedangkan jika tidak sistem akan memunculkan pesan kesalahan dan anda diminta untuk mengetikkan kata sandi yang baru. 




Tahapan Ke – 9, proses instalasi dan konfigurasi dasar selelesai dilakukan. Pastikan tidak ada pesan kesalahan yang muncul pada tahapan ini. 



Sampai dengan tahapan diatas, paket phpmyadmin sudah terinstal pada ubuntu server yang anda miliki dan siap untuk digunakan. Phpmyadmin berbasis web sehingga untui melakukan pengujian anda membutuhkan web browser, yang sudah terpasang pada komputer client. Serta pastikan bahwa komputer client terhubung dengan komputer server sebelum anda melakukan pengujian berikut ini. 

Selain itu anda juga harus mengetahui berapa IP Address dari komputer server yang anda gunakan. Jika anda tidak mengetahuinya maka gunakan perintah “ip address” untuk mengetahui berapa ip address yang sedang anda gunakan. 



Tahapan Ke – 10, kita lakukan pengujian melalui komputer client yang terhubung dengan komputer server. Buka web browser yang anda miliki dan pada kolom URL ketikkan http://ip_address_server/phpmyadmin, sebagai contoh IP Address admin adalah 192.168.100.2 maka yang admin ketikkan pada kolom URL adalah http://192.168.100.2/phpmyadmin. Jika benar, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. 



Jika gambar diatas tidak muncul coba anda restart terlebih dahulu service apache yang anda miliki. Gunakan perintah “systemctl restart apache2” untuk melakukan restart service apache dan lakukan tahapan ke sepuluh. 


Tahapan Ke – 11, silahkan anda gunakan kombinasi username dan kata sandi yang sudah anda miliki untuk masuk kedalam database melalui antarmuka phpmyadmin. Ketika username dan kata sandi sudah anda masukkan maka pilih menu Go. 



Tahapan Ke – 12, pengguna akan dibawa kedalam halaman utama phpmyadmin. Disini anda dapat bekerja sesuai dengan hak akses yang anda miliki. 


Dalam tutorial kali ini, admin mengabaikan user root database. Artinya admin membuat sebuah user baru dengan hak aksesnya untuk digunakan masuk kedalam database melalui antarmuka phpmyadmin. Hal ini tentu untuk alasan keamanan yang sudah dibahas pada masing – masing materi database. Sampai disini, anda sudah dapat memanagement database yang anda miliki dengan menggunakan antarmuka phpmyadmin. 

Posting Komentar

0 Komentar