Mengenal Ribbon Pada Microsoft Word

 


Apakah ribbon itu ?

Ribbon terdiri dari beberapa Tabs yang mengorganisasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktifitasnya. Masing – masing tab pada ribbon terdiri dari beberapa Groups. Setiap Group terdiri dari beberapa tombol perintah (Command buttons). 

Apakah didalam membuat sebuah dokument kerja dengan menggunakan Microsoft Word kita selalu menggunakan seluruh tab, atau seluruh tombol perintah yang ada pada ribbon tersebut ? jawabannya tentu “tidak”. Kita hanya akan menggunakan beberapa tombol perintah saja, dalam sebuah pembuatan dokument menggunakan Microsoft word. 

Untuk menggunakan tombol perintah yang ada pada ribbon anda cukup memilihnya sesuai dengan yang anda butuhkan menggunakan mouse. Atau bahkan anda dapat menggunakan tombol Alt yang ada di keyboard diikuti dengan angka atau huruf berdasarkan tombol perintah yang akan anda gunakan.



Setelah tombol Alt selanjutnya tekan angka atau huruf yang mewakili tab atau tombol perintah yang ingin anda gunakan

Selain tab yang sudah muncul pada ribbon Microsoft word, pada Microsoft word 2019 juga menyediakan tabs lain yang biasanya disebut dengan istilah Contextual tab yang akan otomatis muncul ketika anda sedang memilih atau bekerja dengan objek gambar. 


Apakah Ribbon dapat disembunyikan ?

Terkadang kita ingin fokus ke tulisan yang kita miliki, tanpa harus ada gangguan tampilan yang mengganggu sekalipun itu adalah ribbon yang akan kita gunakan. Pada microsoft word kita dapat menyembungikan ribbon dengan memilih menu Ribbon Display Options atau Collapse the Ribbon. Untuk lebih mengenalnya kita akan bahas pada pembahasan dibawah ini.

Ribbon Display Options berada pada pojok kanan atas jendela kerja word 2019. Ketika anda memilih menu tersebut maka akan terdapat, tiga menu drop down yang dapat anda pilih untuk menyembunyikan ribbon microsoft word. 

  • Auto Hide Ribbon, jika anda memilih opsi ini ribbon dari microsoft word akan disembunyikan. 

  • Show Tab, jika anda memilih opsi ini, ribbon akan ditampilkan hanya tabs nya saja. 

  • Show Tabs and Commands, jika anda memilih opsi ini ribbon akan ditampilkan lengkap dengan Tabs dan tombol perintahnya. 

Bagaimana mudah bukan ?, sekarang anda dapat menyembunyikan atau memunculkan kembali ribbon yang anda miliki. 

Posting Komentar

0 Komentar