Instalasi Oracle VM Virtualbox

Didalam tulisan ini nantinya pengguna akan sering mendapatkan kata OS Host dan OS Guest. Didalam dunia virtualisasi, komputer tempat anda menginstal sebuah aplikasi virtualisasi seperti Oracle VM VirtualBox disebut dengan OS Host, dan sebuah sistem operasi yang anda instal didalam Oracle VM VirtualBox disebut dengan OS Guest

Untuk menjalankan atau menginstal sebuah aplikasi Virtualisasi dalam hal ini adalah Oracle VM VirtualBox komputer Host harus memenuhi persyaratan dibawah ini :

  • Processor: anda dapat menggunakan prosesor jenis Intel atau AMD.
  • Memory: bergantung pada OS Guest atau sistem operasi tamu apa yang akan anda lakukan instalasi. Minimal anda perlu menyediakan memori RAM sebanyak 512MB. 
  • Hard Disk: virtualbox hanya membutuhkan 30MB ruang pada hard disk untuk menginstal dirinya sendiri. Namun, anda juga harus memperhatikan OS Guest apa yang akan anda instal nantinya.

Sampai saati ini aplikasi VirtualBox mendukung hampir seluruh sistem operasi. Artinya didalam sebuah VirtualBox nantinya kita dapat melakukan instalasi sistem operasi Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, Solaris, dan Open Solaris. 

Setelah anda memperhatikan penjelasan diatas, dan komputer yang anda gunakan sudah memenuhi ketentuan minimal diatas, silahkan ikuti tahapan instalasi dibawah ini.

Tahapan Ke - 1, Download terlebih dahulu aplikasi Oracle VM VirtualBox, selanjutnya cari dimana anda menyimpan file hasil download tersebut. Jika sudah klik 2x file setup Oracle VM VirtualBox yang bernama VirtualBox-6.1.22-144080-Win



Tahapan Ke - 2, Jendela Wizard selamat datang di aplikasi Oracle VM Virtualbox 6.1.22 akan ditampilkan. Untuk melanjutkan proses instalasi aplikasi Oracle VM Virtualbox di komputer anda tekan menu Next, namun jika ingin membatalkannya silahkan tekan menu Cancel



Tahapan Ke - 3, Silahkan pilih fitur dari Oracle VM VirtualBox yang anda inginkan. Saran dari admin silahkan centang semua opsi yang ada di sini. Untuk melanjutkan silahkan tekan menu Next



Tahapan Ke - 4, Pengguna selanjutnya diminta untuk menentukan beberapa opsi yang ditawarkan oleh Oracle VM VirtualBox. Silahkan pilih semua dengan memberikan tanda centang pada cek box yang sudah disediakan. Jika sudah silahkan tekan menu Next untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. 



Tahapan Ke - 5, Aplikasi Oracle VM Virtualbox akan memberikan peringatan (warning) kepada pengguna, bahwa akan memasang Virtual Network Adapter yang nantinya akan digunakan oleh OS Guest. Selama pemasangan jaringan komputer Host anda akan putus selama beberapa saat. Jika anda menyetujui dan sekaligus memproses instalasi tekan menu Yes



Tahapan Ke - 6, Wizard akan memberikan informasi kepada anda, bahwa aplikasi Oracle VM Virtualbox sudah siap untuk dilakukan instalasi. Silahkan tekan menu Install untuk memulai proses instalasi. 



Tahapan Ke - 7, Silahkan tunggu beberapa saat proses instalasi segera dilakukan secara otomatis. Silahkan tunggu hingga proses ini selesai dilakukan. 



Tahapan Ke - 8, Wizard akan menampilkan informasi bahwa proses instalasi selesai dilakukan. Untuk mengakhiri proses instalasi dan menjalankan aplikasi Oracle VM Virtualbox untuk pertama kalinya silahkan tekan menu Finish



Tahapan Ke - 9, Secara otomatis pengguna akan ditampilkan jendela Oracle VM VirtualBox Manager. Sampai disini proses instalasi selesai dilakukan dan aplikasi Oracle VM Virtualbox sudah dapat digunakan. 


Setelah proses instalasi Aplikasi Oracle VM Virtualbox selesai dilakukan dan sudah dapat berjalan seperti pada Gambar 9. Maka tahapan selanjutnya adalah melakukan instalasi Oracle VM VirtualBox Extension pack yang sudah kita download sebelumnya.

Tahapan Ke - 1, Buka kembali folder tempat anda menyimpan hasil download Oracle VM Virtualbox. Disini silahkan klik 2x file setup Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-6.1.22  untuk melakukan proses instalasi. 



Tahapan Ke - 2, Jendela Oracle VM Virtualbox Manager akan terbuka dan aplikasi akan mengkonfirmasi pengguna apakah yakin akan melakukan instalasi Extension Pack ?. Jika pengguna yakin pilih menu Install untuk melanjutkan. 



Tahapan Ke - 3, Jendela Virtualbox License akan ditampilkan, silahkan scroll ke paling bawah agar menu I Aggree dapat aktif dan dapat dipilih. Jika anda menyetujui perjanjian lisensi tersebut silahkan pilih menu I Aggree sekaligus untuk melanjutkan proses instalasi. 



Tahapan Ke - 4, Tunggu hingga beberapa saat sampai proses instalasi selesai dilakukan. Jika sudah maka pengguna akan mendapatkan konfirmasi seperti pada gambar13 dibawah ini. Pilih menu OK untuk mengakhiri proses instalasi. 


Sampai disini aplikasi oracle VM Virtualbox sudah selesai dilakukan instalasi dan sudah dilengkapi dengan Extension Pack. Aplikasi sudah siap digunakan untuk melakukan instalasi linux Ubuntu Server 20.04 LTS.

Posting Komentar

0 Komentar